Hal ini sebetulnya menunjukan bahwa pengetahuan tentang akord dan skala sangat penting untuk berimprovisasi dengan baik dalam lick jazz. Dengan memahami lesson ini di awal, aku datang ke fakta penting: apa pun yang kamu mainkan sebagai ide harmonik (chord) bisa dimainkan sebagai ide melodi (melodi atau garis) dan sebaliknya. Tidak ada jalan pintas untuk bermain mulus dan melodi pada lagu-lagu dengan perubahan, itu adalah sesuatu perkembangan dari waktu ke waktu dan dengan mendekati itu dari berbagai perspektif. Inilah salah satu alasan bahwa harmoni / melodi antar-hubungan sangat penting, karena simbiosis ini membantu untuk memajukan permainan mu sebagai pengiring dan sebagai solois jika kamu mengambil waktu untuk mempelajari implikasi. Mari kita mulai dengan ide-ide melodi baru dari perubahan harmonik. Dalam pelajaran 8 Bob menunjukkan beberapa perputaran yang sangat berguna, dimulai dengan dasar saya VI II V dan kemudian beberapa variasi umum. Berikut ini adalah garis yang kamu bisa mainkan selama dasar saya VI II V:
(RealAudio)
Seperti yang yang kita ketahui tidak ada aksidensi (kres atau mol) di baris ini, semua nada berada dalam kunci C mayor. Sementara jalur ini sangat berguna, kurangnya mode kromatik membuatnya unadventurous sedikit. Sekarang kita lihat apa yang terjadi ketika kita mengubah akord sedikit dan beradaptasi garis agar sesuai dengan bentuk baru baru:
(RealAudio)
Yang kita lakukan adalah mengubah akord minor 7 menjadi akord 7 dominan, dan garis nada mencerminkan perubahan ini menaikkan nada C dalam akord A dan F di chord D ke C # dan F #, masing-masing. Hal ini memberikan bentuk karakter yang sama sekali berbeda, terdengar lebih "jazzy". Mari kita lihat langkah selanjutnya:
(RealAudio)
Sekarang kita telah mengenal sebuah perubahan pada akord dominan, flatted 9th, yang pada gilirannya memberi kita rasa melodi yang lebih berwarna. Dibandingkan dengan contoh pertama yang satu ini jauh lebih "jazzy."
Dua hal lagi yang perlu diingat saat kita mengeksplorasi pilihan ini. Salah satunya adalah bahwa kita tidak harus mengikuti persis seperti yang sudah aku contohkan. Karena bentuk melodi cukup konsisten kita dapat memotong dan menempelkan salah satu jalur individu atas setiap akord dan membuat variasi. Berikut ini salah satu contoh:
Dua hal lagi yang perlu diingat saat kita mengeksplorasi pilihan ini. Salah satunya adalah bahwa kita tidak harus mengikuti persis seperti yang sudah aku contohkan. Karena bentuk melodi cukup konsisten kita dapat memotong dan menempelkan salah satu jalur individu atas setiap akord dan membuat variasi. Berikut ini salah satu contoh:
(RealAudio)
Yang Terakhir, penting untuk kita tahu bahwa ini hanya kemungkinan dan bukan aturan.kita Menggunakan prinsip-prinsip untuk menemukan lick yang kita sukai dan yang sesuai dengan musik yang kamu mainkan, jangan membuat sesuatu hanya karena dalam teori saja.lakukan dengan varisai lain Seperti biasa, percaya telinga Anda. Selamat berlatih!