Modus dorian dibentuk dari langkah kedua dari Mayor scale, menggunakan catatan yang sama. Sebagai contoh, Dorian scale D dibangun dari catatan dari skala C mayor, dimulai pada D, dan terdiri dari "D, E, F, G, A, B, C". dorian mode adalah banyak seperti minor scale, tetapi langkah keenam dinaikkan setengah langkah. Artinya, skala minor D akan memiliki Bb sementara yang dorian memiliki B. Karena begitu mirip dengan minor scale, adalah wajar untuk memainkan skala ini lebih dari akord ketujuh minor. Bahkan, itu lebih sering digunakan dari skala kecil sendiri. Jika kamu melihat piano dan memainkan akord DM7 ("DFAC") di tangan kiri mu, dan bermain catatan dari D dorian dan D skala kecil dalam kanan mu, kamu mungkin akan menemukan bahwa modus dorian terdengar lebih baik, karena B kurang disonan terhadap DM7 daripada Bb adalah. Jika kamu menggunakan modus dorian atas akord ketujuh minor, tidak ada catatan untuk menghindari.
Seperti akord ketujuh utama, Anda dapat menambahkan lebih pertiga ke akord ketujuh minor untuk mendapatkan DM9, Dm11, dan Dm13. Akord masih menyiratkan modus dorian sama. Jika kamu menggunakan skala natural minor, akord tiga belas berisi Bb catatan, yang agak janggal dalam konteks ini. Chord ini jarang digunakan, tetapi ketika itu disebut outside, sering dinotasikan Dm7b6, dan merupakan salah satu dari beberapa pengecualian untuk aturan bahwa kebanyakan akord ditulis dalam hal ekstensi bernomor ganjil di atas ketujuh. Aturan ini berasal dari fakta bahwa akord secara tradisional dibangun dengan menumpuk pertiga. Notasi DM6 kadang-kadang sebagai sinonim untuk Dm13 ketika alam B secara eksplisit dimaksudkan. Seperti pada gambar di bawah ini: dengan G dorian mode,